top of page

Group

Public·15 members
Bogdan Kulagin
Bogdan Kulagin

Download PSAK 46 Terbaru dan Pelajari Contoh Kasus Pajak Tangguhan dalam Praktik



Download PSAK 46 Terbaru: Apa yang Perlu Anda Ketahui?




PSAK 46 adalah standar akuntansi yang mengatur bagaimana pelaporan pajak penghasilan dalam laporan keuangan. Standar ini penting untuk dipahami dan diterapkan oleh entitas yang menjalankan aktivitas usaha di Indonesia, karena berhubungan dengan kewajiban perpajakan dan dampaknya terhadap kinerja keuangan.


Pada tahun 2021, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah mengeluarkan amendemen terbaru untuk PSAK 46, yang berlaku efektif per 1 Januari 2023. Amendemen ini mengatur tentang aset dan liabilitas pajak tangguhan yang timbul dari transaksi tunggal, serta menyesuaikan beberapa ketentuan dengan standar internasional (IAS 12).




download psak 46 terbaru



Artikel ini akan menjelaskan apa itu PSAK 46, apa yang baru di PSAK 46 terbaru, dan bagaimana cara mendownloadnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


Apa itu PSAK 46?




Definisi dan ruang lingkup




PSAK 46 adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 46 tentang Pajak Penghasilan. Standar ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1994, dan telah mengalami beberapa revisi dan amendemen sejak itu. Standar ini berlaku untuk semua entitas yang menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.


Ruang lingkup PSAK 46 mencakup akuntansi untuk pajak kini dan pajak tangguhan. Pajak kini adalah jumlah pajak yang terutang atau dapat dikembalikan untuk periode berjalan atau periode sebelumnya, yang dihitung berdasarkan tarif dan peraturan perpajakan yang berlaku. Pajak tangguhan adalah jumlah pajak yang terutang atau dapat dikembalikan di masa depan, yang timbul dari perbedaan temporer antara dasar pengenaan pajak aset dan liabilitas dengan nilai tercatatnya dalam laporan keuangan.


Prinsip dan metode akuntansi pajak penghasilan




PSAK 46 menganut prinsip bahwa pajak penghasilan harus mencerminkan konsekuensi pajak dari transaksi dan kejadian lain yang diakui dalam laporan keuangan. Oleh karena itu, entitas harus menghitung beban (penghasilan) pajak berdasarkan laba (rugi) akuntansi sebelum pajak, dengan menyesuaikan efek dari transaksi dan kejadian yang tidak dikenakan pajak atau tidak dapat dikurangkan, serta perbedaan temporer.


PSAK 46 menerapkan metode balance sheet liability untuk mengukur aset dan liabilitas pajak tangguhan. Metode ini mengukur aset dan liabilitas pajak tangguhan berdasarkan konsekuensi pajak yang timbul dari pemulihan atau penyelesaian nilai tercatat aset dan liabilitas pada akhir peri Metode ini mengasumsikan bahwa aset dan liabilitas akan dipulihkan atau diselesaikan sesuai dengan dasar pengukuran yang digunakan dalam laporan keuangan, dan menggunakan tarif pajak yang berlaku atau secara substansial telah diberlakukan pada akhir periode pelaporan. Aset dan liabilitas pajak tangguhan harus saling hapus jika entitas memiliki hak yang dapat dipaksakan secara hukum untuk melakukan saling hapus aset pajak kini dengan liabilitas pajak kini, dan aset dan liabilitas pajak tangguhan tersebut berkaitan dengan otoritas perpajakan yang sama.


Apa yang Baru di PSAK 46 Terbaru?




Amendemen terkait aset dan liabilitas pajak tangguhan dari transaksi tunggal




Pada tahun 2021, DSAK IAI telah mengeluarkan amendemen untuk PSAK 46, yang berjudul Aset dan Liabilitas Pajak Tangguhan dari Transaksi Tunggal. Amendemen ini berlaku efektif per 1 Januari 2023, dengan penerapan dini diperbolehkan.


download psak 46 terbaru pdf


download psak 46 terbaru 2023


download psak 46 terbaru tentang pajak tangguhan


download psak 46 terbaru amendemen


download psak 46 terbaru gratis


download psak 46 terbaru lengkap


download psak 46 terbaru revisi


download psak 46 terbaru iai


download psak 46 terbaru akuntansi


download psak 46 terbaru harmonisasi


download psak 46 terbaru perpajakan


download psak 46 terbaru konsolidasi


download psak 46 terbaru penjelasan


download psak 46 terbaru contoh soal


download psak 46 terbaru penerapan


download psak 46 terbaru pengertian


download psak 46 terbaru dampak


download psak 46 terbaru perbedaan


download psak 46 terbaru implementasi


download psak 46 terbaru analisis


download psak 46 terbaru laporan keuangan


download psak 46 terbaru aset dan liabilitas


download psak 46 terbaru transaksi tunggal


download psak 46 terbaru laba rugi


download psak 46 terbaru penghasilan komprehensif lain


download psak 46 terbaru basis akrual


download psak 46 terbaru pengukuran


download psak 46 terbaru pengungkapan


download psak 46 terbaru pengaruh pajak final


download psak 46 terbaru perubahan kebijakan akuntansi


download psak 46 terbaru kesalahan mendasar


download psak 46 terbaru kompensasi rugi fiskal


download psak 46 terbaru goodwill dan goodwill negatif


download psak 46 terbaru investasi pada entitas asosiasi dan ventura bersama


download psak 46 terbaru bisnis kombinasi dan konsolidasi entitas anak


download psak 46 terbaru kontrak konstruksi dan penjualan properti real estat


download psak 46 terbaru sewa dan sewa pembiayaan


download psak 46 terbaru imbalan kerja dan imbalan pasca kerja


download psak 46 terbaru instrumen keuangan dan derivatif


download psak 46 terbaru aset tidak berwujud dan aset eksplorasi dan evaluasi minyak dan gas bumi


Amendemen ini mengatur tentang bagaimana mengukur aset dan liabilitas pajak tangguhan yang timbul dari transaksi tunggal yang pada awalnya mengakibatkan perbedaan temporer antara nilai tercatat aset atau liabilitas dengan dasar pengenaan pajaknya, tanpa mempengaruhi laba (rugi) akuntansi atau laba (rugi) kena pajak. Contoh transaksi tunggal seperti ini adalah akuisisi aset yang tidak merupakan bisnis, atau kombinasi bisnis yang tidak merupakan akuisisi.


Menurut amendemen ini, entitas harus mengukur aset dan liabilitas pajak tangguhan dari transaksi tunggal dengan menggunakan tarif pajak yang akan berlaku ketika entitas memulihkan aset atau menyelesaikan liabilitas melalui penjualan. Entitas harus memperbarui tarif pajak tersebut pada setiap akhir periode pelaporan, jika terdapat perubahan. Entitas juga harus mengungkapkan informasi kuantitatif dan kualitatif tentang aset dan liabilitas pajak tangguhan dari transaksi tunggal dalam catatan atas laporan keuangan.


Penyesuaian dengan standar internasional (IAS 12)




Selain amendemen terkait aset dan liabilitas pajak tangguhan dari transaksi tunggal, PSAK 46 terbaru juga menyesuaikan beberapa ketentuan dengan standar internasional (IAS 12) tentang Income Taxes. Penyesuaian ini bertujuan untuk meningkatkan harmonisasi dan konvergensi dengan praktik akuntansi global.


Beberapa penyesuaian yang dilakukan antara lain adalah:


  • Menghapus opsi untuk mengakui semua perubahan dalam aset dan liabilitas pajak tangguhan dalam laba (rugi) komprehensif lain, dan mewajibkan pengakuan dalam laba (rugi), kecuali jika perubahan tersebut berkaitan dengan transaksi atau kejadian yang diakui dalam penghasilan komprehensif lain atau ekuitas.



  • Menghapus opsi untuk tidak mengukur aset pajak tangguhan dari rugi fiskal yang tidak dikompensasi dan perbedaan temporer yang tidak dapat dikurangkan, jika kemungkinan besar bahwa laba kena pajak akan tersedia, dan mewajibkan pengukuran berdasarkan kemungkinan besar bahwa laba kena pajak akan tersedia.



  • Menghapus opsi untuk menggunakan nilai wajar sebagai dasar pengenaan pajak aset yang tidak disusutkan dan tidak diamortisasi, dan mewajibkan penggunaan dasar pengenaan pajak historis.



  • Menghapus opsi untuk tidak mengungkapkan rincian utama rekonsiliasi antara beban (penghasilan) pajak dan hasil perkalian laba (rugi) akuntansi sebelum pajak dengan tarif pajak yang berlaku, dan mewajibkan pengungkapan tersebut.



Bagaimana Cara Mendownload PSAK 46 Terbaru?




Langkah-langkah untuk mend Langkah-langkah untuk mendownload dari situs web IAI




Salah satu cara untuk mendownload PSAK 46 terbaru adalah dari situs web resmi IAI, yaitu www.iaiglobal.or.id. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:


  • Buka situs web IAI dan klik menu "Standar Akuntansi".



  • Pilih sub-menu "PSAK" dan klik "PSAK Terbaru".



  • Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi daftar PSAK terbaru yang telah diterbitkan oleh DSAK IAI, termasuk PSAK 46.



  • Klik judul PSAK 46 yang ingin Anda download, yaitu "PSAK 46: Pajak Penghasilan (Revisi 2021)".



  • Anda akan diminta untuk login atau registrasi terlebih dahulu sebelum dapat mengakses file PSAK 46. Jika Anda sudah memiliki akun, masukkan email dan kata sandi Anda. Jika belum, klik "Registrasi" dan isi formulir yang disediakan.



  • Setelah login atau registrasi, Anda akan diarahkan kembali ke halaman PSAK 46. Klik tombol "Download" di bawah judul PSAK 46.



  • File PSAK 46 terbaru akan terunduh dalam format PDF ke perangkat Anda.



Alternatif sumber untuk mendownload PSAK 46 terbaru




Selain dari situs web IAI, Anda juga dapat mendownload PSAK 46 terbaru dari sumber-sumber lain yang menyediakan file-file standar akuntansi secara gratis atau berbayar. Beberapa contoh sumber tersebut adalah:


  • www.akuntansi.or.id: Situs web ini menyediakan berbagai informasi dan materi seputar akuntansi, termasuk file-file PSAK terbaru yang dapat diunduh secara gratis.



  • www.pajak.go.id: Situs web ini adalah situs web resmi Direktorat Jenderal Pajak Indonesia, yang menyediakan berbagai informasi dan layanan seputar perpajakan, termasuk file-file PSAK terbaru yang berkaitan dengan pajak penghasilan.



  • www.bukalapak.com: Situs web ini adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, yang menyediakan berbagai produk dan jasa, termasuk file-file PSAK terbaru yang dapat dibeli dengan harga terjangkau.



Kesimpulan




PSAK 46 adalah standar akuntansi yang mengatur pelaporan pajak penghasilan dalam laporan keuangan. Standar ini telah mengalami beberapa revisi dan amendemen sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1994. Pada tahun 2021, DSAK IAI telah mengeluarkan amendemen terbaru untuk PSAK 46, yang berlaku efektif per 1 Januari 2023.


Amendemen terbaru untuk PSAK 46 mengatur tentang aset dan liabilitas pajak tangguhan yang timbul dari transaksi tunggal, serta menyesuaikan beberapa ketentuan dengan standar internasional (IAS 12). Amendemen ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi dan konsistensi dalam akuntansi pajak penghasilan.


Untuk mendownload PSAK 46 terbaru, Anda dapat mengunjungi situs web resmi IAI atau sumber-sumber lain yang menyediakan file-file standar akuntansi. Anda harus login atau registrasi terlebih dahulu sebelum dapat mengakses file PSAK 46 terbaru. Anda juga harus memastikan bahwa file yang Anda download adalah file yang valid dan sesuai dengan versi terbaru dari PSAK 46.


FAQ




Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar PSAK 46 terbaru:


  • Apa perbedaan antara pajak kini dan pajak tangguhan?



Pajak kini adalah jumlah pajak yang terutang atau dapat dikembalikan untuk periode berjalan atau periode sebelumnya, sedangkan pajak tangguhan adalah jumlah pajak yang terutang Pajak kini adalah jumlah pajak yang terutang atau dapat dikembalikan untuk periode berjalan atau periode sebelumnya, sedangkan pajak tangguhan adalah jumlah pajak yang terutang atau dapat dikembalikan di masa depan, yang timbul dari perbedaan temporer antara dasar pengenaan pajak aset dan liabilitas dengan nilai tercatatnya dalam laporan keuangan.


  • Apa itu perbedaan temporer?



Perbedaan temporer adalah perbedaan antara nilai tercatat aset atau liabilitas dalam laporan keuangan dengan dasar pengenaan pajaknya, yang akan membalik atau menyeimbang pada periode berikutnya. Contoh perbedaan temporer adalah penyusutan aset tetap, provisi untuk piutang ragu-ragu, dan imbalan pasca kerja.


  • Apa itu aset dan liabilitas pajak tangguhan?



Aset pajak tangguhan adalah jumlah pajak yang dapat dikembalikan di masa depan, yang timbul dari perbedaan temporer yang dapat dikurangkan, rugi fiskal yang tidak dikompensasi, dan kredit pajak yang tidak dimanfaatkan. Liabilitas pajak tangguhan adalah jumlah pajak yang terutang di masa depan, yang timbul dari perbedaan temporer yang kena pajak.


  • Bagaimana cara mengukur aset dan liabilitas pajak tangguhan?



Aset dan liabilitas pajak tangguhan diukur dengan menggunakan metode balance sheet liability, yaitu berdasarkan konsekuensi pajak yang timbul dari pemulihan atau penyelesaian nilai tercatat aset dan liabilitas pada akhir periode pelaporan. Aset dan liabilitas pajak tangguhan diukur dengan menggunakan tarif pajak yang berlaku atau secara substansial telah diberlakukan pada akhir periode pelaporan.


  • Bagaimana cara mengakui aset dan liabilitas pajak tangguhan?



Aset dan liabilitas pajak tangguhan harus diakui dalam laporan posisi keuangan, kecuali jika aset dan liabilitas pajak tangguhan timbul dari transaksi awal (selain kombinasi bisnis) yang tidak mempengaruhi laba (rugi) akuntansi atau laba (rugi) kena pajak. Perubahan dalam aset dan liabilitas pajak tangguhan harus diakui dalam laba (rugi), kecuali jika perubahan tersebut berkaitan dengan transaksi atau kejadian yang diakui dalam penghasilan komprehensif lain atau ekuitas.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

  • Carl Hollant
  • Finn allen
    Finn allen
  • sacfet Gaer
    sacfet Gaer
  • H
    hp.Lidia047199
  • horbucher kostenlos
    horbucher kostenlos
bottom of page